20 Manfaat Garam Bagi Tanaman Supaya Subur

Umumnya kita mengenal garam sebagai salah satu bumbu penyedap yang memberi rasa asin pada kuliner sekaligus sanggup berfungsi sebagai pengawet makanan. Bisa dikatakan semua jenis kuliner memakai garam baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. Penggunaan garam juga sanggup meningkatkan ketahanan kuliner dari kerusakan secara alami. Selain itu garam dalam jumlah tertentu juga diharapkan oleh badan insan meskipun kita juga dihentikan mengonsumsinya secara berlebihan.

Manfaat Garam
Manfaat Garam

Namun tahukah anda bahwa ternyata garam juga banyak dimanfaatkan oleh para petani atau pekebun sebagai pupuk alami? Dengan kandungan natrium dan klorida yang dimilikinya berikut 20 manfaat garam bagi tumbuhan baik tumbuhan pertanian maupun tumbuhan perkebunan:

 

1.Menetralkan tanah alkali atau basa

 

Tanah mempunyai kadar keasaman yang ditunjukkan melalui nilai pH-nya. Umumnya tanah yang paling baik untuk tumbuhan tentu saja ialah tanah dengan kadar keasaman netral, tidak terlalu asam ataupun terlalu basa. Tanah alkali yang ditunjukkkan melalui kadar pH-nya di atas 7 kurang baik bagi tanaman. Tanah alkali mengakibatkan tumbuhan tidak sanggup mendapat nutrisi yang cukup sehingga mengganggu pertumbuhannya. Meskipun setiap flora mempunyai kebutuhan dan ketahanan terhadap pH tanah yang beragam. Contoh tanah alkali menyerupai tanah parit atau tanah yang mengandung kotoran ternak. Tanah menyerupai ini belum sanggup pribadi digunakan, butuh beberapa ahad untuk proses pendinginan. Untuk mengatasi hal ini sanggup dilakukan dengan memperlihatkan larutan garam pada tanah tersebut sehingga sanggup pribadi ditanami.

2. Menyediakan kebutuhan tanaman

 

Seperti yang diketahui garam mengandung unsur natrium dan klorida. Kedua unsur ini merupakan salah dua unsur mikro yang dibutuhkan oleh tumbuhan sehingga sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

3. Menggantikan kebutuhan tumbuhan akan kalium

 

Salah satu unsur makro di dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan pertanian ialah kalium. Kebutuhan kalium ini sanggup dipenuhi dengan pertolongan garam lantaran unsur natrium dan klorida diketahui sanggup menggantikan unsur yang memilki lambang K ini di dalam tanah.

4. Menyuburkan tanah pertanian

 

Kandungan natrium dan klorida pada garam juga sanggup meningkatkan kadar mikroorganisme menyerupai basil dan cacing  di dalam tanah sehingga sanggup meningkatkan kesuburan tanah.

 

5. Meningkatkan ketahanan tumbuhan terhadap serangan penyakit

 

Manfaaat garam untuk tumbuhan yang tidak kalah pentingnya ialah sanggup meningkatkan daya tahan tumbuhan sehingga tidak gampang terjangkit penyakit atau gangguan lainnya. Dalam hal ini garam sanggup membunuh atau mengatasi jamur dan basil yang menyerang tumbuhan sehingga tumbuhan terlindungi dari bahaya jamur dan basil tersebut.

 

6. Sebagai penyubur tanah alami jangka panjang

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa garam sanggup membantu menyuburkan tanah pertanian secara alami sehingga sanggup dipakai dalam jangka panjang. Berbeda dengan pupuk buatan yang mengandung bahan-bahan kimia yang kurang baik dipakai secara terus-menerus lantaran dikhawatirkan sanggup merusak tanah dalam jangka panjang.

 

7. Mencegah tanah mengalami kekeringan atau dehidrasi

 

Musim kemarau mengakibatkan pasokan air di dalam tanah menurun yang otomatis sanggup mengganggu pertumbuhan tanaman. Untuk mengatasi hal ini para petani sanggup memanfaatkan garam yang dikenal sanggup membantu menjaga kandungan air dalam tanah sehinga tanah terhindar dari kekeringan.

 

8. Memperkuat daya tahan flora hijau

 

Sebagai senyawa ionik garam tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan insan tetapi juga sanggup memperkuat daya tahan flora hijau. Unsur natrium dan klorida yang dimilikinya menjadikan flora hijau tidak gampang terjangkit penyakit atau mati.

 

9. Menyuburkan tanaman

 

Tingkat kesuburan tumbuhan biasanya sanggup dilihat dari pertumbuhannya yang baik menyerupai daunnya tumbuh dengan lebat, menghasilkan buah yang baik, dan lain sebagainya. Ini sanggup didapatkan dengan pertolongan garam sebagai pupuk alami bagi tumbuhan secara rutin sesuai porsi yang dibutuhkan.

10. Memperkuat akar tanaman

 

Akar yang besar lengan berkuasa diharapkan oleh setiap tumbuhan sehingga ia sanggup bangkit tegak dengan baik, menyimpan cadangan makanan, serta menyerap unsur hara yang diperlukan. Salah satu cara untuk memperkuat akar tumbuhan ialah dengan memanfaatkan garam.

11. Memperkuat batang tanaman

 

Selain akar kepingan tumbuhan lainnya yang juga mendapat manfaat dari garam ialah batang. Dengan pertolongan garam sanggup membantu memperkuat batang yang diharapkan untuk menyokong badan tumbuhan sehingga tumbuhan sanggup tumbuh dan bangkit tegak dengan baik.

 

12. Meningkatkan kualitas buah

 

Berdasarkan pengalaman para petani kandungan garam pada tanah ternyata sanggup menciptakan rasa buah lebih manis. Hal ini dibuktikan dengan hasil penanaman buah jeruk di tempat bersahabat pantai yang menghasilkan buah jeruk dengan rasa yang lebih manis. Ketika dicoba memperlihatkan garam pada tumbuhan jeruk yang berada jauh dari pantai didapatkan data bahwa ternyata rasa jeruk yang dihasilkan juga lebih manis.

 

13. Mencegah kerontokan bunga pada tanaman

 

Bunga yang rontok terlalu cepat merupakan tanda-tanda yang kurang baik bagi pertumbuhan tanaman. Hal ini juga sanggup dicegah dengan penggunaan garam sebagai pupuk alami bagi tanaman.

 

14. Mencegah dan mengatasi kerontokan daun padan tanaman

 

Sebagai tempat pengolahan kuliner daun berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Oleh lantaran itu penyakit yang menyerang daun harus segera diatasi. Salah satunya kerontokan daun. Dengan memanfaatkan garam kita sanggup mencegah dan mengatasi kerontokan daun yang tidak normal

 

15. Mengobati penyakit anyir daun dan anyir buah pada tanaman

 

Manfaat garam bagi tumbuhan yang tidak kalah penting ialah sanggup membantu mengobati penyakit yang mengakibatkan daun dan buah membusuk yang tentu saja sangat merugikan petani.

 

16. Mencegah dan mengatasi penyakit keriting daun

 

Salah satu penyakit tumbuhan yang cukup mengganggu ialah penyakit keriting daun yang mengakibatkan daun tumbuhan menjadi keriting, kurus, menguning, dan balasannya rontok. Hal ini tentu saja berdampak jelek pada pertumbuhan tumbuhan bahkan sampai mengakibatkan gagal panen. Untuk mencegah dan mengatasi hal ini kita sanggup melaksanakan pertolongan garam pada tanaman.

 

17. Mengatasi klorosis dan nekrosis pada tanaman

 

Gangguan atau penyakit tumbuhan lain yang juga sanggup diatasi dengan memanfaatkan garam ialah klorosis dan nekrosis. Klorosis merupakan gangguan atau kerusakan pada jaringan daun tumbuhan sehingga gagal membentuk klorofil yang mengakibatkan daun tidak berwarna hijau sebagaimana mestinya. Sementara nekrosis ialah kondisi dimana jaringan pada tumbuhan mengalami maut sehingga kalau terjadi pada jaringan daun mengakibatkan daun menjadi rontok.

 

18. Mengusir hama

 

Selain penyakit-penyakit tumbuhan gangguan hama juga merupakan bahaya bagi keberhasilan panen. Untuk mengatasi serangan hama kita sanggup memanfaatkan garam yang sanggup mengusir hama secara alami.

19. Mengatasi aneka macam penyakit tanaman

 

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang tumbuhan yang disebabkan oleh jamur, virus, bakteri, atau jenis mikroorganisme lainnya. Untuk mengatasinya kita sanggup memanfaatkan garam yang selain ampuh juga alami sehingga tidak merusak lingkungan.

 

20. Membantu absorpsi unsur hara

 

Kandungan sodium klorida pada garam dan klorofil turut membantu tumbuhan dalam menyerap dan mendekomposisi unsur hara dari dalam tanah menjadi bentuk yang lebih kompleks sehingga sanggup dimanfaatkan oleh tanaman.

 

Itulah diantara 20 manfaat garam bagi tumbuhan sehingga sanggup dijadikan sebagai pupuk alami. Hal ini tentu sangat bermanfaat tidak hanya bagi tumbuhan namun juga kelestarian lingkungan lantaran penggunaan pupuk kimia yang berlebihan sangat berpotensi merusak lingkungan

 

About the Author: Reza